THE BIG FAMILY SAN-JAYA COMP

Rabu, 13 Januari 2010

MENGATASI MASALAH PADA PRINTER

MENGATASI HASIL PRINT / CETAK BERGARIS


Sering kita mengalamai hasil Print / Cetakan yang sudah kita seting bagus hasilnya malah bergaris atau bahkan tintanya gak keluar, nah disini saya akan sedikit berbagai bagaimana cara mengatasi hal-tersebut

  1. Coba lakukan cleaning printhead (Printhead atau kepala cetak adalah komponen paling utama yang bertugas untuk menyemprotkan tinta ke media cetak. Semakin tinggi resolusi dari printhead maka semakin bagus hasil cetakannya) dengan menggunakan fasilitas software bawaan printer
  2. Apabila masih bergaris, cobalah rendam printhead anda dengan alkohol atau cairan pembersih printhead yg banyak dijual dipasaran. Untuk mesin large format gunakan cairan pembersih solvent dengan cara merendam printhead atau cukup diusapkan menggunakan alat semacam kapas lidi, hal ini tergantung seberapa parah hasil garis anda
  3. Apabila semua cara itu tidak berhasil maka dapat diindikasikan bahwa printhead anda sudah lemah, cobalah cek printhead dengan print test, dari situ akan kita ketahu printhead warna apa yg sudah lemah, sehingga kita bisa melakukan trik misalkan dengan manambah warna tersebut ketika akan print (menambah jumlah warna yg disemprotkan oleh printe bisa kita lakukan dengan adobe photoshop atau dengan software bawaan printer anda)
  4. Selain itu anda harus merubah settingan print anda, jika sebelumnya anda menggunakan mode normal maka sebaiknya anda skr menggunakan mode best atau bisa dengan melakukan overprint (biasanya bisa dilakukan utk large format) atau dengan memperlambat kecepatn cetak
  5. Apabila semua hal tersebut tidak berhasil maka mau tidak mau anda harus ganti printhead anda agar tidak merembet ke printhead yg lain.

CARA MENGATASI PENYUMBATAN PADA LUBANG PENYEMPROTAN CARTRIDGE TINTA:
  1.  Ambillah selembar kertas 'tissue' .
  2.  Basahkan kertas 'tissue' dengan sedikit air hangat.
  3. Tekan atau lap kertas 'tissue' basah pada head (lubang penyemprotan tinta).
  4. Apabila ada tanda tinta pada kertas 'tissue', berarti masih ada lubang penyemprotan tinta yang    (masih) dapat mengeluarkan tinta / tidak tersumbat atau (mungkin) tinta kering yang menyumbat telah mencair.
  5. Bersihkanlah head (lubang penyemprotan tinta) dengan kertas 'tissue' kering.
  6. Pasanglah Cartridge pada Printernya dan cobalah mencetak.
  7. Apabila hasil cetak memuaskan, kami mengucapkan selamat kepada Anda, karena Anda telah berhasil mengisi ulang Cartridge Tinta yang semula sudah dianggap tidak berguna lagi.
  8. Apabila hasil cetak belum memuaskan, ulangilah cara diatas beberapa kali.
  9. Apabila hasil cetak masih belum juga memuaskan setelah 5 - 6 kali melakukan pembersihan diatas, berarti Cartridge mengalami 'Penyumbatan Berat'. (Lihatlah cara dibawah untuk mengatasi 'Penyumbatan Berat').

CARA MENGATASI 'PENYUMBATAN BERAT' PADA LUBANG PENYEMPROTAN CARTRIDGE TINTA:
  1. Siapkanlah air hangat dengan suhu sekitar 60 - 70 derajat Celcius.
  2. Tuangkan air hangat pada tatakan gelas atau bejana sejenis sampai kedalaman air kurang lebih 0.5 cm.
  3. Letakkan Cartridge Tinta pada tatakan gelas diatas dengan lubang penyemprotan terendam dalam air.
  4. Berikan waktu sekitar 10 - 15 menit agar tinta yang mengering dapat mencair kembali.
  5. Setelah itu, angkat Cartridge Tinta dari air, lalu bersihkan lubang penyemrpotan dengan kertas 'tissue' kering.
  6. Pasanglah Cartridge pada Printernya dan cobalah mencetak.
  7. Pencetakan mula-mula mungkin menunjukkan hasil yang agak kabur dikarenakan pada saat lubang penyemprotan direndam didalam air, ada sedikit air yang menyerap kedalam Cartridge melaui proses Osmose atau kapiler. Hal ini menyebabkan isi tinta yang berdekatan dengan lubang penyemprotan menjadi lebih encer dan memberikan hasil cetak yang agak pudar.
  8. Setelah melakukan pencetakan beberapa lembar, apabila hasil pencetakan memuaskan, kami mengucapkan selamat kepada Anda, karena Anda telah berhasil mengisi ulang Cartridge Tinta yang oleh kebanykan orang sudah mungkin dibuang.
  9. Apabila hasil cetak masih belum memuaskan juga, ulangilah cara diatas beberapa kali.
  10. Apabila hasil cetak masih belum juga memuaskan setelah 5 - 6 kali mengulangi prosedur diatas. Cobalah tinggalkan Cartridge Tinta dalam keadaan terrendam seperti diatas selama beberapa jam atau semalaman.
  11. Apabila hasil cetak masih tidak juga memuaskan, maka berarti Catridge Tinta boleh dikatakan sudah tidak dapat digunakan lagi. Dalam hal ini penyebabnya sangat sulit untuk ditentukan dan mungkin tidak banyak berarti untuk ditelusuri lebih lanjut. Tetapi, Cartridge Tinta jangan langsung dibuang, karena masih berisikan Tinta Suntik yang dapat digunakan untuk mengisi ulang dikemudian hari pada saat dibutuhkan. Sedotlah tinta dari Cartridge kedalam suntikan dan simpanlah ditempat yang dapat Anda ingat dengan mudah.
Keterangan :
Pada printer-printer Inkjet tertentu seperti Epson Stylus, hasil cetak pada saat Catridge Tinta baru saja selesai di-isi ulang mungkin menunjukkan hasil cetakan yang ber-garis-garis putih - seperti pada saat isi tinta sudah menipis, hal ini disebabkan oleh terciptanya gelembung udara pada saluran tinta menuju ke-lubang penyemprotan tinta (head). Cara pengatasi ini adalah dengan melakukan prosedur 'head cleaning' yang dijelaskan pada buku petunjuk (manual) printer bersangkutan, karena proses 'head cleaning' ini selain membersihkan lubang penyemprotan tinta (head), juga menyedot tinta ber-ulang kali sehingga dapat mendorong gelembung udara sampai keluar melalui head.
Khusus untuk Printer Inkjet Epson Stylus, usahakan jangan terlalu sering menyalakan dan mematikannya, karena jenis printer ini mengkonsumsi tinta yang berlebihan pada setiap kali dinyalakan (Tanyakanlah hal ini pada produsen atau agen printernya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar